pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Definisi Domain dan Hubungannya dengan Web Hosting

Domain dan web hosting adalah 2 hal yang saling bergantung satu sama lain. Domain merupakan label yang dipakai untuk mengganti IP address website anda yang berupa deretan angka. Sedangkan web hosting adalah space untuk menyimpan semua data website anda.

Bagaimana domain terhubung dengan web hosting?

Agar internet tahu dimana domain anda akan dihost, anda perlu melakukan pengaturan yang disebut setting DNS (Domain Name System). Saat anda mendaftar web hosting, maka anda akan mendapatkan NS khusus, dan NS ini harus anda masukkan ke dalam settingan DNS pada domain anda. Format dari NS kurang lebih seperti berikut ini:

ns***.namahosting.com

biasanya ada 2 NS atau lebih yang diberikan setiap anda membeli akun hosting baru. yang bertanda bintang tersebut adalah angka unik dari masing-masing server hosting bersangkutan. Cara update DNS pada akun hosting, bisa anda baca pada artikel berikut ini (Cara Setting DNS (Domain Name Server) / NS). Setelah mengupdate DNS pada domain, anda perlu menunggu beberapa jam agar proses propagasinya selesai. Jika proses sudah selesai, maka domain tersebut sudah anda bisa pakai untuk membuat website / blog / forum, dsb. Jika misalnya anda ingin berpindah hosting, maka anda cukup mengganti nomor DNS dengan yang diberikan oleh hosting yang baru. Jika pengaturan ini tidak anda lakukan, maka domain tersebut tidak akan terintergrasi dengan hosting baru anda.

Apa anda perlu mendaftar domain dan hosting pada tempat yang sama?

Jasa hosting dan domain sebenarnya merupakan 2 layanan berbeda. Maka dari itu anda bisa membelinya pada 2 tempat yang berbeda. Namun sekarang banyak juga perusahaan hosting yang menawarkan registrasi domain. Di sisi lain banyak juga perusahaan registrasi domain (registrar domain) yang menjual web hosting. Anda bisa membeli hosting dan domain pada tempat yang sama, misalnya membelinya di hostgator. Jika anda membeli domain bersamaan dengan paket hosting, maka pengaturan DNS tidak perlu anda lakukan karena antara domain dan hosting sudah terintegrasi secara otomatis.

Walaupun anda bisa membeli domain dan hosting pada tempat yang sama, namun banyak pengguna yang lebih suka membelinya secara terpisah. Itu karena umumnya perusahaan memiliki kelebihan pada 1 layanan saja. Seperti misalnya Godaddy dan NameCheap lebih terkenal sebagai registrar domain ketimbang penyedia hosting. Sedangkan Hostgator dan Bluehost lebih terkenal sebagai penyedia hosting yang tangguh dibandingkan dengan jasa registrasi domain. Jika anda ingin membeli hosting dan domain, sebaiknya anda pilih perusahaan yang benar-benar berkompeten pada bidang hosting dan domain.

Ada beberapa alasan kenapa lebih baik mendaftar domain pada registrar tertentu dibandingkan membelinya langsung pada provider hosting. Yang pertama adalah karena harganya umumnya lebih mahal. Jika anda membeli domain pada perusahaan registrasi domain, seperti Godaddy dan Namecheap, anda bisa mendapatkan domain dengan harga di bawah $10. Bahkan mereka memberikan kode kupon yang bisa anda pakai saat melakukan pembelian untuk mendapatkan diskon harga. Sedangkan jika anda membeli domain pada provider hosting, biasanya harga yang ditawarkan di atas $10 dan jarang terdapat diskon harga.

Pertimbangan lainnya adalah pada registrar domain besar, anda akan diberikan kontrol penuh terhadap domain-domain yang sudah anda beli. Sedangkan jika anda membeli domain pada provider hosting (terutama yang kualitasnya buruk), kepemilikan domain anda bisa sangat dibatasi. Seperti misalnya anda tidak diberikan ijin untuk melakukan transfer domain ke hosting / registar domain. Jadi, jika anda ingin menggunakan domain tersebut maka anda harus terus berlangganan dengan hosting bersangkutan. Tidak ingin hal seperti ini terjadi kepada anda, bukan? Untuk itu sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih tempat registrasi domain.

Apa yang dimaksud dengan transfer domain?

Jika anda sudah membeli domain pada sebuah registrar domain / hosting, anda bisa menggunakan domain tersebut untuk membangun sebuah website / blog. Namun, ada kalanya anda ingin mencoba menggunakan jasa registrar lainnya atau memindahkan domain anda ke hosting anda. Misalnya saat ini anda sedang memiliki domainA.com di Godaddy dan menggunakan hosting di Jushost. Untuk membuat website menggunakan domainA.com, maka anda perlu melakukan pengaturan NS pada domain di halaman akun Godaddy anda. Namun dengan fitur transfer domain, anda bisa memindahkan domain tersebut dari Godaddy ke Justhost. Transfer domain merupakan proses pemindahan domain dari satu registrar / provider hosting ke registrar / provider hosting lainnya. Anda bisa menggunakan fitur transfer domain ini jika memang perlu memindahkan domain-domain anda.

Beberapa registrar / provider hosting ada yang mengenakan biaya untuk proses transfer ini, ada pula yang tidak. Ada beberapa alasan yang membuat orang memindahkan domainnya. Alasan yang paling utama adalah masalah tarif. Registrar / hosting yang anda pakai sekarang mungkin terlalu mahal sehingga anda mempertimbangkan untuk memindahkan domain anda ke registrar lainnya.

Alasan lainnya adalah agar lebih simpel mengelolanya. Misalnya anda mendaftarkan domain pada beberapa registrar yang berbeda, dan anda ingin membuat domain tersebut berkumpul pada 1 registrar saja, anda bisa melakukan transfer domain-domain tersebut ke registrar yang anda inginkan. Berpindah ke registrar lain tidak berarti anda harus berpindah hosting juga. Sebaliknya, berpindah ke hosting lain tidak berarti anda harus berpindah registrar juga. Itu karena jasa registrasi domain dan jasa penyedia hosting merupakan dua layanan yang berbeda.

Untuk mengetahui registrar domain yang paling banyak dipergunakan oleh webmaster, silakan anda baca artikelnya berikut ini (Baca: Daftar 10 Registrar Domain Terbaik di Internet)

Rangkuman

  • registrasi domain dan web hosting merupakan 2 layanan yang berbeda, namun sangat bergantung antara satu sama lain.
  • untuk membuat website / blog / forum, dll, anda wajib memiliki domain dan hosting. Jika anda menggunakan layanan blogging gratis seperti wordpress, blogger, multiply, dsb, maka anda tidak perlu membeli domain dan hosting karena mereka sudah memberikannya secara gratis.
  • perusaahaan registrasi domain biasanya menyediakan web hosting. Begitu pula sebaiknya, banyak perusahaan web hosting yang juga menyediakan jasa registrasi domain.
  • harga registrasi domain pada perusahaan web hosting (spt hostgator, bluehost, monsterhost, dll) relatif lebih mahal dibandingkan harga registrasi domain pada registrar domain (godaddy, namecheap, name, dll).
  • anda tidak harus membeli hosting dan domain pada tempat yang sama.
  • anda bisa mentransfer domain dari satu registrar / provider hosting ke registrar / provider hosting lainnya.

Setelah anda membaca artikel di atas, semoga anda menjadi lebih tahu tentang hal-hal mendasar tentang domain dan web hosting.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
Definisi Domain dan Hubungannya dengan Web Hosting, 10.0 out of 10 based on 1 rating
Share

One Response to “Definisi Domain dan Hubungannya dengan Web Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>