pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Definisi / Arti FTP (File Transfer Protocol)

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini...

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Pada dasarnya, FTP berarti cara untuk mentransfer file dari satu komputer atau stasiun ke komputer/ stasiun lainnya. FTP hanya merupakan satu bagian dari semua sistem yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol, yang biasa disingkat dengan TCP/IP.

Komputer yang menerima harus terinstal software FTP di dalamnya sehingga komputer pengirim bisa membuat koneksi. Informasi dalam bentuk format file, seperti teks, gambar, dsb akan dikirim / diterima diantara komputer / work station.

Di jaman teknologi saat ini, kemampuan untuk mentransfer file dengan FTP sangat sering dilakukan. Istilah “client” yang sering dipakai merujuk kepada program pada sistem operasi yang melakukan transfer tersebut. Pada dasarnya, client ini merupakan program kecil atau sekumpulan kode yang memungkinkan komputer untuk terhubung dengan komputer lain dan mentransfer file.

FTP client harus bisa menemukan dan mengidentifikasi server lain berdasarkan IP address atau nama yang dipakai di internet. Seharusnya server bisa diidentifikasi berdasarkan IP address nya, seperti 198.928.3.9, atau yang lainnya. Server juga bisa dikenali dengan ekstensi domain seperti .com, .net, dll, yang telah menjadi standar dalam komunikasi komputer saat ini. Informasi ditransfer dalam 2 cara, yang pertama adalah plain text atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Yang kedua adalah kode binary, yaitu sederetan angka 0 dan 1 yang bertindak sebagai on/off  tergantung dari maksud penulis kode. Keduanya tidak bisa ditukar. Jika sebuah file dikirim dengan format ASCII, maka file tersebut tidak akan dibaca pada status binary.

Protocol FTP menggunakan port 20 dan 21, satu untuk kontrol dan satunya lagi untuk transfer data. Ada beberapa perbedaan di antara FTP aktif dan FTP pasif. Ada kalanya port 21 tidak dipakai untuk data. Dalam banyak hal, port komputer bisa diumpamakan sebagai port pada dermaga kapa. Informasi dari lokasi lain datang menuju port sehingga 2 atau lebih komputer bisa terhubung dan menukar informasi

FTP dikenal cepat dan efisien, terutama untuk transfer data berukuran besar. FTP juga bisa bekerja antar sistem operasi, membuat komunikasi antar komputer lebih mudah. Dengan adanya FTP, sistem operasi tidak lagi menjadi faktor utama.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 9.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
Definisi / Arti FTP (File Transfer Protocol), 9.5 out of 10 based on 2 ratings
Share

3 Responses to “Definisi / Arti FTP (File Transfer Protocol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>