pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

CMS Terbaik Untuk Hosting PHP

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini sob...

Saat ini kebanyakan hosting PHP menyediakan CMS (Content Management System) WordPress, Joomla, dan Drupal. Ketiga CMS ini merupakan CMS yang paling diminati serta memiliki fitur lengkap.

Beberapa orang mengira bahwa setiap CMS hanya cocok untuk membuat website tertentu. Misalnya wordpress lebih cocok untuk membuat blog, karena cara pengoperasiannya cukup sederhana dan memiliki banyak fitur menarik. Sedangkan Joomla dan Drupal cocok untuk website e-commerce. Pernyataan seperti ini sebenarnya kurang tepat, karena semua CMS bisa dipakai untuk membuat berbagai macam website. Yang berbeda hanya pada jumlah fitur dan cara penggunaannya saja.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan CMS yang paling tepat untuk website PHP anda:

Hosting PHP WordPress

WordPress merupakan platform blogging terfavorit dan paling banyak dipergunakan saat ini. Fitur-fitur yang disediakan oleh wordpress mampu memenuhi semua kebutuhan pengguna, mulai dari mulai pemula hingga pengguna tingkat lanjutan. Jika anda membuat website PHP dengan wordpress, anda bisa menggunakan berbagai plugin gratis / premium untuk meningkatkan performa website anda. Variasi plugin yang sangat banyak mampu membuat website anda menarik dan interaktif.

WordPress cukup fleksibel dan memungkinkan anda untuk membuat website sederhana. Tidak hanya membuat website statis, WordPress juga bisa membuat majalah online, galeri foto / video, atau website review produk. Selain dari kelengkapan fiturnya, wordpress juga terkenal karena kemudahan pengoperasiannya. Semua proses mulai dari instalasi hingga upgrade bisa anda lakukan dengan mudah. Inilah yang membuat wordpress unggul daripada CMS lainnya.

Hosting PHP Joomla

Joomla, seperti halnya wordpress mengggunakan MySQL sebagai databasenya. Dengan Joomla, anda bisa membagi konten website menjadi modul seperti polling, kalender, blog, dll. Setiap modul dikembangkan secara terpisah. Beberapa ada yang rumit, sementara yang lainnya cukup mudah untuk dibuat. Jika dibandingkan dengan WordPress, joomla memiliki fitur dan kemampuan blogging yang lebih lemah.

CMS ini lebih cocok untuk website personal atau website non komunitas. Ini karena fitur interaktif yang dimiliki sangat terbatas. Sedangkan untuk website e-commerce, Joomla layak untuk anda coba. Joomla juga memiliki plugin dan tema yang terus dikembangkan oleh para developernya. Plugin dan sistem modul tersebut memungkinkan programmer untuk mengganti atau menambah fitur baru dengan mudah. Mereka hanya perlu menulis kode PHP untuk dijadikan plugin Joomla. Dengan lebih dari 4.500 plugin yang tersedia, anda memiliki cukup banyak pilihan untuk meng-optimasi website anda.

Kelemahan Joomla adalah beberapa fitur pentingnya merupakan fitur premium (berbayar). Namun, tanpa fitur tersebut anda masih bisa membuat website yang cukup powerful.

Hosting PHP Drupal

Drupal merupakan salah satu CMS paling mutakhir saat ini setelah wordpress. Drupal terkenal karena kecepatan dan efektivitasnya. Drupal seperti halnya Joomla, memiliki variasi ekstensi yang luas. Secara keseluruhan, Drupal lebih cocok untuk pengguna yang sudah memiliki dasar programming. Drupal tidak mudah untuk dipergunakan, namun dari sisi fitur dan optimasi sebenarnya sangat powerful. Drupal memiliki sistem navigasi yang rumit namun mudah dikustomisasi. Dengan Drupal anda bisa membuat banyak website hanya dengan beberapa klik saja. Jika dibandingkan dengan wordpress, Drupal lebih baik dalam menjalankan banyak website sekaligus.

Dengan fitur dan komunitas yang kuat, Drupal menjadi salah satu pilihan CMS terbaik saat ini. Anda juga bisa membuat website e-commerce dengan banyak modul dan ekstensi. Namun, fitur-fitur tersebut hanya gratis untuk website non-profit. Untuk website bisnis, ada sejumlah uang yang perlu dibayarkan karena beberapa fitur merupakan fitur premium (berbayar).

Kekurangan dari Drupal ada pada informasi penggunaannya. Knowledgebase nya tidak seluas yang dimiliki wordpress. Itu karena belum banyak orang menggunakan CMS Drupal. Maka dari itu, Drupal kurang cocok untuk pengguna awam yang tidak memiliki dasar-dasar pemrograman.

Yang mana paling cocok untuk anda?

Dari ketiga penjelasan di atas, bisa anda lihat bahwa setiap CMS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan CMS lebih baik disesuaikan dengan keahlian yang anda miliki. Jika anda masih awam dengan CMS, maka WordPress adalah pilihan terbaik. Selain dari sisi fitur sangat lengkap, penggunaannya juga cukup mudah.

Sedangkan jika anda ingin membuat lebih dari sekedar blog atau website statis, anda bisa memakai joomla. Satu hal yang menjadi kelebihan joomla adalah pada interface-nya. CMS ini merupakan pilihan terbaik untuk website tipe e-commerce / toko online. Namun begitu, Joomla relatif lebih sulit untuk di-customize dibandingkan dengan WordPress. Oleh karena itu, anda perlu latihan yang lebih sering agar bisa menggunakan Joomla dengan baik. Selain dari Google, Anda juga bisa mencari atau membeli modul latihan yang dibuat oleh webmaster Joomla.

Dari ketiganya, Drupal merupakan CMS paling rumit dan paling susah untuk dipergunakan. Minimal anda harus memiliki pengetahuan seputar PHP agar bisa menggunakannya untuk membuat website PHP. Silakan anda pertimbangkan berapa banyak waktu yang akan anda sediakan dalam pengembangan website PHP anda. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, maka WordPress merupakan pilihan terbaik dari ketiganya. Sedangkan jika anda memiliki banyak waktu untuk mempelajari CMS atau sudah mahir menggunakan wordpress, anda bisa mencoba Joomla atau Drupal.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
CMS Terbaik Untuk Hosting PHP, 10.0 out of 10 based on 3 ratings
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>