pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Definisi dan Tips Memilih Hosting PHP

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini sob...

PHP (Hypertext Processor) merupakan bahasa pemrograman open source yang memiliki kesamaan dengan C, Java, Perl, dan bisa di-embed. Kelebihan dari PHP adalah mampu mempersingkat proses pembuatan website dinamis serta mempercepat proses publikasi. PHP merupakan pemrograman side-server, artinya hanya bisa djalankan pada remote server, bukan pada komputer visitor/ klien. Server hosting PHP akan memasukkan hasil dari kode PHP ke dalam kode HTML untuk selanjutnya dikirim ke klien.

Jika anda ingin memakai PHP untuk membuat website, maka sangat disarankan untuk menggunakan provider hosting yang mensupport PHP. Menggunakan web hosting yang mendukung PHP dapat mencegah banyak masalah, termasuk tidak perlu mem-parse dan mengumpulkan file atau menginstal tool publikasi lainnya. Jika web hosting anda tidak mendukung PHP, maka visitor tidak bisa melihat halaman berbasis PHP atau tidak bisa menampilkannya dengan sempurna. Bahasa pemrograman ini cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula, namun juga memiliki banyak fitur untuk pengguna tingkat lanjutan (mahir). Tugas-tugas rumit mampu dikerjakan oleh PHP, termasuk crawling web, crawling database, dan GIS mapping. PHP bisa dipakai untuk menghubungkan 19 jenis database, termasuk Oracle dan Microsoft access. Diantara semua jenis database, yang saat ini paling sering dipakai untuk PHP adalah database MySQL.  Jika anda menggunakan web hosting yang mendukung PHP, anda bisa mengatur cookies agar bisa terhubung dengan visitor website anda. Dengan PHP, anda bisa menyimpan data yang sebelumnya pernah dibuka dan memunculkannya kembali nanti.

PHP hosting dan database MySQL merupakan 2 faktor kunci jika anda ingin membuat website yang kompleks. Saat ini tersedia banyak provider hosting yang mendukung PHP dengan harga terjangkau. Berikut adalah beberapa fitur yang perlu anda pertimbangkan:

  • Harga
  • Waktu uptime
  • Disk space
  • Kuota Bandwith
  • Ketangguhan (availability)
  • Bahasa pemrograman yang didukung
  • Keamanan
  • Customer support

Disk space

Jika ingin membuat website dengan PHP, kuota 50 MB sudah cukup banyak. Sedangkan jika anda ingin membuat website yang lebih rumit dengan tambahan gambar, video, atau animasi, maka anda perlu disk space yang lebih besar. Ada banyak web hosting yang memberikan disk space besar dengan harga murah. Bahkan saat ini sudah banyak web hosting yang memberikan disk space unlimited. Namun jangan senang dulu, ketahui dulu arti kata unlimited yang sebenarnya (Baca: Apakah Arti “Unlimited” Pada Web Hosting Unlimited?)

Kuota addon domain

Ini juga faktor penting yang perlu anda perhitungkan. Sebelum membeli sebuah paket hosting, sebaiknya anda mengetahui seberapa banyak domain yang akan anda pergunakan. Kuota add on domain berbeda-beda antar setiap provider hosting, minimal 1 domain dan maksimal unlimited. Jangan sampai anda membeli banyak paket hosting karena kekurangan kuota addon domain.

Bandwith

Ada beberapa provider hosting yang memberikan batasan bandwith, sementara yang lainnya memberikan secara unlimited. Untuk personal hosting / shared hosting, walaupun unlimited namun tetap ada batasan bandwith walaupun tidak terlihat secara jelas. Jika anda ingin mendapatkan bandwith yang benar-benar unlimited (kuotanya sangat besar), anda bisa menggunakan tipe hosting yang lebih tinggi seperti VPS atau dedicated server.

Jumlah database MySQL

Karena anda ingin membuat website dengan PHP, maka jumlah database juga sangat penting. Sebaiknya anda memilih web hosting yang menyediakan jenis database MySQL, bukan yang lainnya. Jika anda berencana membuat website PHP lebih dari 1, pastikan jumlah kuota MySQL sama banyaknya dengan jumlah website yang ingin anda buat. Database dipakai oleh aplikasi untuk menyimpan artikel, gambar, lagu, video, serta file-file lainnya. Software manajemen database ini juga dipergunakan oleh website-website populer seperti Facebook, Twitter, dan Youtube. Database MySQL penting untuk merapikan susunan data dan meningkatkan kecepatan akses. Anda bisa saja menyimpan beberapa aplikasi pada database yang sama, namun akan lebih baik jika setiap aplikasi memiliki databasenya masing-masing.

Support SSL

Fitur ini sangat penting jika anda ingin membuat website e-commerce. Untuk memberikan kenyamaman dan keamanan data pelanggan, maka pilihlah PHP hosting yang menyediakan fitur SSL. Dengan SSL, semua transaksi yang terjadi pada website anda akan dienkripsi sehingga lebih aman dari resiko hacking.

Support email

Silakan lihat pada daftar fitur yang diberikan, apakah hosting PHP tersebut menyediakan autoresponder, antivirus dan filter spam. Ini merupakan fitur dasar yang sebaiknya ada pada provider hosting PHP. Selain itu, lihat juga jumlah akun POP3/IMAP yang diberikan, karena kuotanya tidak sama untuk setiap provider hosting.
Sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa anda jadikan pertimbangan, namun yang paling utama adalah dari sisi layanan pelanggannya. Tidak hanya kelengkapan fitur, namun customer supportnya juga harus memuaskan. Jika terjadi masalah pada akun hosting anda, maka orang pertama yang bisa anda mintai bantuan adalah Tim Support hosting bersangkutan. Untuk menguji kualitas support dari provider hosting, coba saja anda kirimkan email. Tanyakan fitur apa saja yang ditawarkan atau paket apa yang cocok untuk kebutuhan anda. Jika mereka mampu memberikan jawaban secara detil dan memuaskan, itu merupakan indikasi customer support yang baik. Jika tidak, maka sebaiknya pikir-pikir dulu jika ingin berlangganan hosting disana.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Definisi dan Tips Memilih Hosting PHP, 10.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>