pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Memproteksi Direktori dengan Password (cPanel)

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini...

Anda perlu memproteksi direktori dengan password jika terdapat banyak informasi penting dan rahasia pada direktori tersebut. Dengan melindungi direktori, hanya orang-orang yang berhak saja yang bisa mengakses direktori tersebut. Ada 2 cara mengaktifkan password untuk direktori, yaitu secara manual dan otomatis. Jika anda ingin melakukannya manual, anda bisa mengaturnya dengan .htaccess. Sedangkan cara otomatis bisa anda lakukan jika akun hosting anda memiliki panel kontrol yang mendukung fitur ini. Contohnya cPanel, panel kontrol ini memiliki fitur bernama “Password protected directories”. Untuk mengaktifkannya, silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Login ke halaman cPanel anda.

2. Cari tab menu “security” kemudian klik menu “Password protected directories”. Kemudian pilih tujuan direktori anda, apakah di web root, atau di document root.

3. Berikutnya anda akan menemukan daftar direktori pada akun hosting anda.

silakan pilih direktori mana yang ingin anda proteksi. Pada halaman berikutnya silakan anda masukkan nama direktori dan tetapkan username dan password untuk direktori tersebut:

Ada 2 tahap yang perlu anda lakukan, yang pertama adalah mengaktifkan proteksi, dan kedua adalah membuat user untuk mengakses direktori tersebut:

  1. Silakan anda centang pada bagian “Password protect this directory”, kemudian masukkan nama alias dari direktori tersebut. Nama yang anda masukkan tidak harus sama dengan nama direktori yang sebenarnya. Jadi misalnya anda ingin memproteksi direktori domain_A, anda bisa memberikan nama domain_saya atau yang lainnya. Jika sudah, kemudian klik tombol “Save” di bawahnya.
  2. Setelah mengaktifkan proteksi, selanjutnya anda harus membuat info login (username dan password) untuk mengakses direktori tersebut. Silakan anda masukkan username, new password, password (again), kemudian klik tombol “add/modify authorized user” di bawahnya. Sebaiknya anda membuat password yang kuat serta berbeda dengan akun lainnya (akun FTP, akun email, dll). Ini penting karena password yang berbeda-beda akan memberikan pengamanan yang maksimal pada akun hosting anda.

Jika sudah, anda akan melihat info login (user) yang telah anda buat pada list authorized user:

Anda bisa membuat lebih dari 1 user. Untuk menambah user, silakan ulangi langkah sebelumnya. Untuk menghapus user, silakan anda klik tombol “delete user” di sebelah kanan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Memproteksi Direktori dengan Password (cPanel), 10.0 out of 10 based on 1 rating
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>