pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini sob...

Anda mungkin sudah akrab dengan istilah internet. Tapi apakah anda tahu apa arti dari intranet dan extranet? Pertama kita bahas dulu perbedaan antara internet dan intranet. Ada perbedaan yang sangat besar antara internet dan intranet. Internet merupakan jaringan yang bersifat publik, sedangkan intranet dirancang untuk memberikan ruang lebih privat. Intranet mungkin bisa diakses dari internet, namun biasanya intranet diproteksi dengan password.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa masa intranet dimulai sejak awal 90 an. Namun pada kenyataannya era intranet dimulai lebih awal dari itu. Intranet adalah jaringan pribadi di dalam sebuah perusahaan yang menghubungkan semua karyawan melalui Local Area Network (LAN). Walaupun implementasi dari intranet cenderung kasar, yaitu berdasarkan teks, sistem intranet hari ini sudah mendukung grafis yang dipakai oleh sistem operasi pada umumnya. Intranet saat ini juga sudah menyediakan akses menggunakan teknologi Web 2.0.

Intranet biasanya memiliki koneksi yang jauh lebih cepat daripada koneksi pada umumnya. Ini karena pada jaringan intranet jarang terjadi lonjakan traffic, server down, dan masalah lain yang bisa memperlambat koneksi jaringan. Karena hanya bekerja dalam lingkup perusahaan, intranet mampu memberikan bandwith yang lebih besar kepada para penggunanya. Ini membuat intranet mampu menyalurkan konten pemakan bandwith seperti audio atau video.

Biasanya sebuah perusahaan memiliki jaringan intranet nya sendiri, karena fungsi vitalnya yaitu untuk menghubungkan CEO dengan semua karyawan yang bekerja disana. Intranet dipakai untuk meningkatkan kualitas komunikasi sebuah organisasi melalui blog, forum, chat room, pesan pribadi, dll.

Banyak organisasi juga menyediakan akses intranet kepada para pelanggan mereka, supplier, atau orang lain yang tidak bekerja pada perusahaan tersebut. Sistem intranet dipakai untuk menjangkau area yang luas di seluruh dunia. Sistem yang menyediakan akses seperti ini disebut sebagai extranet. Intinya Extranet adalah bagian dari intranet yang bisa diakses oleh orang di luar area perusahaan.

Jika dipakai dengan benar, sistem mampu memberikan koneksi yang aman antara perusahaan dengan pengguna lain di luar area. Caranya adalah dengan mengatur sistem pada server internet dan mengontrol akses dengan enkripsi password. Sistem extranet sangat efektif untuk menjaga orang agar selalu terhubung satu sama lainnya.

Berikut adalah skema perbandingan antara Internet, Intranet, dan Extranet:

Internet, Intranet, dan Extranet sama-sama mengandalkan teknologi TCP / IP. Namun ketiganya berbeda dalam hak akses pengguna. Intranet mengijinkan akses hanya kepada anggota saja, sedangkan extranet merupakan jaringan intranet yang bisa diakses oleh non-member (di luar area intranet). Sedangkan perbedaan antara internet dan extranet adalah internet bisa diakses secara luas oleh siapa saja, sedangkan extranet hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja (authorized user).

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet, 10.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

One Response to “Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>