pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Definisi Protokol Pada Sebuah Jaringan

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini...

Bayangkan begitu banyaknya orang di dunia, menggunakan berbagai macam bahasa, berbagai macam perangkat komputer,  internet, dan software, serta berbagai macam cara untuk mengirimkan data di internet. Dengan semua perbedaan itu, akan sangat sulit bagi kita untuk bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya via jaringan. Untuk mengatasi perbedaan itu, dibuatlah cara berkomunkasi standar pada perangkat hardware dan software. Standar ini disebut dengan protokol.

Protokol adalah sebuah standar / aturan untuk mengatur terjadinya hubungan, perpindahan data, dan komunikasi antara dua atau lebih titik komputer. Protokol bisa diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Protokol berada pada beberapa tingkatan koneksi telekomunikasi. Misalnya, ada protokol untuk pertukaran data pada tingkat hardware, ada pula protokol untuk pertukaran data pada tingkat program. Pada model standar yang disebut dengan Open Systems Interconnection (OSI), ada satu atau beberapa protokol di masing-masing lapisan.

Ada peraturan yang mengatur bagaimana data ditransfer di seluruh jaringan, bagaimana data tersebut diringkas, dan bagaimana data tersebut ditampilan pada layar komputer. Ada banyak protokol, masing-masing mengatur cara kerja teknologi tertentu.

Internet protokol TCP / IP biasanya terdiri dari:

  • Transmission Control Protocol (TCP), yang memakai serangkaian aturan untuk menukarkan pesan dengan titik internet lain pada tingkat paket informasi.
  • Internet Protocol (IP), yang memakai serangkaian aturan untuk mengirim dan menerima pesan pada tingkat internet address.
  • SMTP: seperangkat aturan yang mengurusi masalah email.
  • Ethernet: serangkaian aturan untuk mengurusi masalah transmisi data antar LAN.
  • Wi-Fi: serangkaian aturan untuk mengurusi masalah wireless.
  • Protokol tambahan yang termasuk termasuk Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan File Transfer Protocol (FTP), masing-masing memiliki serangkaian aturan dan program yang berhubungan.

Ada 4 lapisan TCP/IP, yaitu link, jaringan, transport, dan aplikasi. Lapisan link adalah lapisan hardware yang menyediakan kemampuan untuk mengirimkan pesan pada banyak lokasi. Pada kasus ini, ethernet membantu prosesnya. Berikut ini adalah beberapa prinsip yang mendukung 4 lapisan protokol:

  1. Dasar- tanpa ini, semua kategori tidak akan cocok.
  2. Kritis- Jaringan tidak akan berguna tanpa kemampuan ini.
  3. Penting- Jaringan bisa berfungsi, namun susah untuk dipakai dan dikelola.
  4. Lanjutan- termasuk perbaikan yang membuat jaringan lebih mudah untuk dipakai dan dikelola.
  5. Berguna- Kemampuan yang anda perlukan sebagai pengguna jaringan. Aplikasi dan fungsi lainnya termasuk di sini. Tanpa mereka jaringan tidak akan bisa dibuat.
Nama (lapisan) Prinsip Nama protokol Kegunaan
Hardware Dasar ethernet, SLIP, PPP, Token Ring, ARCnet memungkinkan pesan untuk dipaketkan dan dikirimkan pada beberapa lokasi.
Jaringan Dasar IP, ICMP Mengelola pergerakan pesan dan laporan kesalahan.
Komunikasi Inter layer Dasar ARP Mengkomunkasikan berbagai lapisan untuk saling mendukung satu sama lain.
Service control(transport) Kritis TCP, UDP Mengontrol pengelolaan layanan di antara komputer.
Aplikasi dan support user Penting DNS, RPC DNS menyediakan alamat untuk penerjemahan nama. Sedangkan RPC memungkinkan komputer mempengaruhi kerja komputer lainnya.
Pengelolaan jaringan Lanjutan RARP, BOOTP, DHCP, IGMP, SNMP,RIP, OSPF, BGP, CIDR Meningkatkan pengelolaan jaringan serta menigkatkan kemampuan.
Aplikasi Berguna FTP, TFTP, SMTP, Telnet, NFS, ping, Rlogin Menyediakan layanan langsung ke pengguna (user).

berikut adalah bagan tentang hubungan masing-masing protokol:

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Definisi Protokol Pada Sebuah Jaringan, 10.0 out of 10 based on 1 rating
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>