pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

Arti CGI (Common Gateway Interface)

Mau coba hosting Rp. 100,-?? Klik disini sob...

Apa itu CGI?

Jika anda sering mengutak-atik halaman web, anda akan sering menemukan istilah CGI atau script CGI. CGI (Common Gateway Interface) sebenarnya bukan merupakan bahasa pemrograman. CGI lebih kepada metode atau protokol untuk menghubungkan aplikasi dengan server. Aplikasi CGI bisa ditulis di hampir semua bahasa pemrograman, namun paling sering dipakai dengan PERL. Sekali program ditulis, program tersebut perlu diletakkan pada folder khusus dimana program eksternal, seperti web browser, bisa mengaksesnya. CGI akan melakukan tugasnya, seperti mencari informasi pada database, kemudian mengembalikannya ke browser.

Saat ini banyak program yang dulunya dibuat dengan CGI digantikan dengan PHP, namun masih ada sekitar 40 juta script CGI tersedia serta beberapa hal yang hanya bisa dilakukan oleh CGI. Saat menjalankan script, web hosting anda harus mendukung CGI. Jika tidak, anda bisa menemukan masalah. Silakan cek fitur hosting anda apakah sudah mendukung bahasa satu ini.

CGI merupakan metode yang dipakai untuk mempertukarkan data di antara server dan klien (browser). CGI merupakan sebuah standar dimana program atau script bisa mengirim data kembali ke web server dimana ia diproses. Yaitu anda menggunakan tag HTML standar untuk mendapatkan data dari seseorang, kemudian meneruskannya ke CGI. Selanjutnya CGI melakukan serangkaian aksi terkait data tersebut.

Halaman web tidak bisa langsung berinteraksi dengan pembaca. Hingga Javascript hadir, halaman web tidak punya cara untuk menerjemahkan reaksi pembaca kecuali dengan bantuan server. Interaksi ini dilakukan oleh script dan program yang biasa memakai CGI untuk membuat program interaktif pada website.

Beberapa hal yang perlu anda ingat tentang CGI:

  1. CGI bukanlah sebuah program: CGI merupakan interface di antara halaman web atau browser dengan web server yang menjalankan program.
  2. Anda harus memiliki akses CGI untuk menjalankan program di halaman web anda. Banyak provider hosting dengan pertimbangan tertentu tidak memperbolehkan klien untuk mengakses CGI pada server mereka.
  3. Semua program atau script yang akan dijalankan pada web server, bisa dipakai sebagai program CGI. Kebanyakan orang menggunakan Perl untuk menulis script CGI.

Beberapa contoh penggunaan CGI:

  • Buku tamu: CGI berfungsi untuk menerima data, memastikan kevalidannya, mengirimkan email pemberitahuan kepada penulis, atau mengirim email ke webmaster, dan membuat entri buku tamu.
  • Formulir email: CGI bisa memformat data menjadi email dan mengirimkannya ke webmaster. Perintah CGI yang lebih rumit bisa untuk mengelola database, mengirimkan pemberitahuan dan memvalidasi data.
  • Pengelolaan mailing list: perintah CGI memungkinkan pengunjung untuk berlangganan mailing list. Dalam kasus ini, perintah CGI mengelola database atau alamat email, serta mengirimkan pemberitahuan kepada visitor dan webmaster.

Perintah CGI bisa berupa apa saja yang mengerti standar CGI. Bahasa CGI populer disebut dengan PERL, yang cukup mudah untuk dimengerti dan dipergunakan. Perl merupakan bahasa pemrograman, ini berarti setiap kali perintah Perl dieksekusi, web server harus memeriksa command untuk menentukan apa yang harus dilakukan. Berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C++ atau Visual Basic yang bisa dieksekusi langsung.

Seperti ini cara kerjanya:

  1. Anda (webmaster) menentukan format tag yang mencakup nama dari perintah CGI.
  2. Anda membuat tag HTML yang akan mengambil data dari visitor.
  3. Setiap tag yang dimasukkan berisi nama variabel. Data yang diambil dari visitor tersebut selanjutnya akan diletakkan pada nama variabel.
  4. Saat visitor menekan tombol “kirim”, perintah CGI yang telah ditentukan kemudian dieksekusi. Pada tahap ini, perintah CGI mengambil alih kontrol, dan browser menunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, hasilnya dikembalikan ke visitor (web browser).

Banyak penggunakan CGI yang ditiru oleh teknologi terbaru seperti Javascript dan ActiveX. Keuntungan utama memakai CGI adalah anda bisa memastikan bahwa semua pembaca anda bisa menggunakan program tersebut. Java, JavaScript, dan ActiveX, semuanya bisa dinonaktifkan dari browser. Beberapa perusahaan menolak teknologi ini karena masalah keamanan dan bandwith. Berbeda dengan CGI, karena dijalankan pada web server eksternal, script CGI tidak dibatasi oleh browser dan firewall.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Arti CGI (Common Gateway Interface), 10.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

2 Responses to “Arti CGI (Common Gateway Interface)

  1. Pingback: Tentang Bahasa Pemrograman Python | Hosting Unlimited Terbaik | Review dan Panduan Hosting

  2. Ooo… gitu to…
    saya baru paham
    makasih…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>