pastikan anda mendapatkan hosting terbaik dan terpercaya untuk website dan blog anda | hostingunlimitedterbaik.com

3 Plugin Backup Terbaik untuk Blog WordPress

Semua plugin backup yang akan dibahas berikut ini memiliki tampilan yang cukup ramah bagi pengguna pemula serta fitur powerful. Satu kesalahan vital dalam mengelola website adalah anda lupa untuk membackup database website. Backup bisa kita lakukan secara manual atau secara otomatis dengan menggunakan web hosting yang menyediakan layanan backup data. Jika anda lupa membackup database website, anda akan berada dalam masalah besar jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada website anda. Semua data yang sudah anda himpun selama ini tidak akan bisa diselamatkan. Oleh sebab itu, sebelum terlambat silakan anda backup data website anda.

Menggunakan WordPress sebagai CMS memberikan keuntungan tersendiri, salah satunya adalah terdapat berbagai plugin untuk mengoptimasi website. Berikut ini adalah beberapa plugin backup terbaik yang bisa anda temukan saat ini:

WordPress Database Backup

Plugin ini bisa anda dapatkan secara gratis, dan cukup mudah untuk dipergunakan. Plugin ini bisa mengatur waktu backup dan memberikan notifikasi kepada anda via email. WordPress DB Backup tidak mem-backup semua isi website anda, namun beberapa bagian terpenting saja.

Automatic WordPress Backup

Plugin ini mampu membackup semua data, mulai dari database, tema, serta file-file lainnya, termasuk konfigurasi setting. Plugin ini memiliki pilihan yang lebih lengkap serta restorasi data yang lebih mudah. Anda cukup menginstal plugin ini dan mengkonfigurasinya, selanjutnya biarkan plugin ini bekerja untuk anda. Plugin ini bisa anda pakai secara gratis, namun anda perlu menggunakan akun penyimpanan Amazon S3. Akun penyimpanan ini memiliki harga $0.125 per GB per bulan. Penawaran ini bisa dikatakan murah, selain itu anda bisa menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Automatic WordPress Backup.

Backup Buddy

Backup Buddy merupakan plugin premium (berbayar). Walaupun berbayar, namun fitur yang ditawarkan plugin ini sangatlah powerful. Semua database blog WordPress anda bisa dibackup, mulai dari file website, file yang pernah diupload, komentar, tabel, dll. Untuk mengaktifkannya, anda hanya perlu mengupload 2 file ke dalam server kemudian plugin ini akan bekerja untuk anda. Proses backup bisa disesuaikan waktunya, hasil backup bisa dikirim ke Amazon S3, Rackspace, akun FTP, atau email. Harga plugin ini relatif mahal, yaitu $75 per tahun untuk 2 website, $100 per tahun untuk 10 website, dan $150 untuk unlimited website.

Plugin manakah yang terbaik?

Semua plugin backup di atas memiliki performa sangat baik. Anda sebaiknya memilih plugin backup berdasarkan nilai website dan kebutuhan anda. Misalnya anda memiliki website yang merupakan sumber penghasilan utama, maka sebaiknya anda menggunakan plugin premium (berbayar) karena fitur yang disediakan biasanya lebih lengkap. Sedangkan untuk keperluan website personal atau website yang website bisnis kecil – menengah, anda bisa menggunakan plugin gratis yang disediakan oleh WordPress. Ada banyak plugin backup gratis yang bisa anda temukan, salah satunya adalah wordpress database backup dan automatic wordpress backup.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
3 Plugin Backup Terbaik untuk Blog WordPress, 10.0 out of 10 based on 1 rating
Share

One Response to “3 Plugin Backup Terbaik untuk Blog WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>